FORMAT KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER GENAP 2010
SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI SAMARINDA
Mata pelajaran : Sejarah
Klas : XI IPS
Waktu :
Hari / Tanggal :
Kompetensi yang di uji Menganalisis perkembangan pengaruh Barat masa kolonial terhadap Indonesia
Indikator Menganalisis Misi ekspedisi Bangsa Spanyol
Nomor Soal 1. Misi ekspedisi Bangsa Spanyol ke kepulauan Hindia bertujuan
a. Memperluas Wilayah koloni Spanyol
b.Menemukan pulau India
c. Menyebarkan agama
d. Membantu penduduk pribumi kepulauan Hindia
e. Menemukan Daerah penghasil rempah-rempah..
Kunci jawaban : e.
Kompetensi yang di uji Menganalisis perkembangan pengaruh Barat masa kolonial terhadap Indonesia
Indikator Menganalisa Inggris menyerahkan kekuasaan kepada Belanda
Nomor Soal 2. Inggris menyerahkan kekuasaan kepada Belanda karena
a. Melaksanakan hasil konvensi London IPIS..
b. Mendapatkan hak oktrooi dari Ratu Elisabeth I
c. Melaksanakan hasil perjanjian Tordesillas
d. Melaksanakan keputusan Ratu Elisabeth I
e. Mengalami kekalahan dalam perang melawan belanda
Kunci jawaban : a.
Kompetensi yang di uji Menganalisis perkembangan pengaruh Barat masa kolonial terhadap Indonesia
Indikator Menganalisa Penyerangan kerajaan Mataram ke Batavia
Nomor Soal 3. Penyerangan kerajaan Mataram ke Batavia terutama didorong oleh
a. Upaya balas dendam Kerajaan Matarm kepada VOC
b. Keinginan mengendalikan politik ekonomi di Batavia
c. Cita-cita Sultan Agung untuk mempersatukan jawa
d. Keinginan untuk menguasai Batavia sebagai pelabuhan utama..
e. Kebenaran sultan Agung terhadap VOC
Kunci jawaban : d.
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisa Paham yang tidak mempengaruhi perkembangan kesadaran
Nomor Soal 4. Paham yang tidak mempengaruhi perkembangan kesadaran adalah
a. Demokrasi b, Individualisme ..
c. Sosialisme d. Pan-Islamisme e. Nasionalisme
Kunci jawaban : b.
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Faktor yang bukan pendukung kebangkitan
Nomor Soal 5. Faktor yang bukan pendukung kebangkitan Nasional adalah
a. Kenangan kejayaan massa lalu
b. Diciptakan armada angkatan laut..
c. Terdapat unsur persamaan senasip
d. Munculnya golongan intelektual
e. Kemenangan jepang atas rusia
Kunci jawaban : b.
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Pencetus organisasi Indiche partij
Nomor Soal 6. Pencetus organisasi Indiche partij adalah
a. Wahidin b. Soetarjo
c. H.O.S. Tjokroaminoto d. Dauwes Dekker..
e. KH. Ahmad Dahlan
Kunci jawaban : d.
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Tiga serangkai
Nomor Soal 7. Tiga serangkai adalah Dekker, Suwardi S dan
a. Hadji S. b. Suwardi c. Tjipto Mangunkusumo..
d. Danudirdja e. Hattaa.
Kunci jawaban : c.
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Tokoh Perindra
Nomor Soal 8. Tokoh Perindra adalah
a. Soekarno b.Muso c. Hatta
d. Husni Thamrin.. d. Budiarto
Kunci jawaban : d.
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Tujuan di adakan politik etis
Nomor Soal 9. Tujuan di adakan politik etis adalah
a. Untuk membayar utang budi bagi bangsa Indonesia..
b. Untuk menyejahterakan bangsa Indonesia
c. Untuk meningkatkan pertanian
d. Untuk mencari rempah rempah
e. melaksanakan penjajahan di Indonesia
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Yang pertama kali menggunakan nama Indonesia
Nomor Soal 10. Yang pertama kali menggunakan nama Indonesia adalah
a. J.R Logan.. b. Bastian c. Kern
d. Snouk e. Van
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Maksud pereode radikal pada pergerakan Nasional Indonesia
Nomor Soal 11. Maksud pereode radikal pada pergerakan Nasional Indonesia adalah
a. Pereode memperbaiki social dan budaya
b. Pereode memasuki bidang politik
c. Pereode mencapai kemerdekaan dengan cara non koperasi..
d. Pereode pergerakan lebih moderat
e. pereode pergerakan dengan sembuni-sembunyi
Kunci jawaban : c
Kompetensi dasar yang di uji Menganalisis proses interaksi Indonesia jepang dan dampak pendudukan jepang
Indikator Menganalisis Jepang mendarat pertama kali di Indonesia
Nomor Soal 12. Jepang mendarat pertama kali di Indonesia pada
a. 11 Januari 1942.. b. 11 Januari 1943
c. 10 Januari 1942 d. 9 Januari 1942
e. 12 Januari 1942
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Tokoh yang memimpin perlawanan di Daerah Mataram melawan Belanda
Nomor Soal 13. Tokoh yang memimpin perlawanan di Daerah Mataram melawan Belanda adalah
a. Sultan Babulah .. b. Dipati Unus
c. Tuanku Iman Bonjol d. P. Diponegoro
e. Sisingamaharaja
Kunci jawaban : a
Kompetensi dasar yang di uji Menganalisis proses interaksi Indonesia jepang dan dampak pendudukan jepang
Indikator Menganalisis Negara yang pernah Menjadi bagian persemakmuran
Nomor Soal 14.Negara yang pernah Menjadi bagian persemakmuran Amerika adalah
a. Malasya b Pilipina.. c. India
d. Indo nesia e. Thailan
Kunci jawaban : b
Kompetensi dasar yang di uji Menganalisis proses interaksi Indonesia jepang dan dampak pendudukan jepang
Indikator Menganalisis Ketua partai Nasional Indonesia
Nomor Soal 15. Ketua partai Nasional Indonesia adalah
a. Soekarno.. b. Hatta c. Soeharto
d. Rudini e. Katamso
Kunci jawaban : a
Kompetensi dasar yang di uji Menganalisis proses interaksi Indonesia jepang dan dampak pendudukan jepang
Indikator Menganalisis propaganda 3A Jepang
Nomor Soal 16. Salah satu bunyi propaganda 3A Jepang adalah
a. Jepang pengawal asia b. Jepang Ibukota asia
c. Jepang ayah asia d. Jepang pelindung asia..
e. Jepang pahlawan asia mengusir bangsa eropa
Kunci jawaban : d
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan pahabaru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Pendiri Muhamadyah
Nomor Soal 17. Pendiri Muhamadyah adalah
a. Wahidin b. HOS Tjokroaminoto
c. Soekarno d. Hatta e. K H A Dahlan..
Kunci jawaban e
Kompetensi dasar yang di uji Menganalisis proses interaksi Indonesia jepang dan dampak pendudukan jepang
Indikator Menganalisis Tokoh gerakan Wanita Indonesia
Nomor Soal 18. Tokoh gerakan Wanita Indonesia adalah
a. Dwi Sartika.. b. RA Kartini
c. Dewi Martina d. Cut Nya din e. Fatmawati
Kunci jawaban : a
Kompetensi dasar Menganalisis proses interaksi Indonesia jepang dan dampak pendudukan jepang
Indikator Menganalisis Tokoh yang di utus oleh perhimpunan Indonesia
Nomor Soal 19. Tokoh yang di utus oleh perhimpunan Indonesia menyebarluaskan propaganda perhimpunan Indonesia adalah
a. Soekarno b. Musa c. Husni d. Budiarto.. e. Hatta
Kunci jawaban : d
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Tokoh Serikat Islam
Nomor Soal 20. Tokoh Serikat Islam yang mengatakan perlunya pemerintah sendiri bagi rakyat Indonesia adalah
a. Wahidin b. Hos Tjokroaminoto..
c. Dowes Dekker d. KH A Dahlan e. Aminotoa
Kunci jawaban : b
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Indonesia merdeka
Nomor Soal 21. Indonesia merdeka pada tanggal
a. 17 Agustus 1954 b. 17 Agustus 1945..
c 17 Agustus 1943 d. 17 Agustus 1942
e. 18 Agustus 1945
Kunci jawaban b
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis sumpah Pemuda
Nomor Soal 22. Hari sumpah Pemuda adalah
a. 28 Oktober.. b. 20 Nopember
c. 28 September d. 28 Pebruari e. 28 april
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis proses interaksi Indonesia jepang dan dampak pendudukan jepang
Indikator Menganalisis zaman pendudukan jepang
Nomor Soal 23. Pada zaman pendudukan jepang rakyat harus bekerja bagi kepentingan jepang disebut
a. Kerja Rodi b. Kerja lembur
c. Romusha …d. Kerja bakti
e. Kerja harian
Kunci jawaban : c
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Peta
Nomor Soal 24. Peta didirikan atas usul
a. Gatot b. Soekarno c. Soeharto d. Supriyadi..
e. Sudirman
Kunci jawaban : d
Kompetensi dasar yang di uji Menganalisis proses interaksi Indonesia jepang dan dampak pendudukan jepang
Indikator Menganalisis Dampak dari proses modernisasi jepang
Nomor Soal 25. Dampak dari proses modernisasi jepang di kawasan asia pasifik
a. Sikap menolak
b. Bangkitnya rasa Nasionalisme bangsa terjajah untuk merdeka ,,
c. Investasi jepang terhadap Negara jajahan
d. Munculnya ekonomi jepang atas asia pasifik
e. jepang menguasai Indonesia
Kunci jawaban : b
Kompetensi dasar yang di uji Menganalisis proses interaksi Indonesia jepang dan dampak pendudukan jepang
Indikator Menganalisis Perlawanan terhadap jepang
Nomor Soal 26. Perlawanan terhadap jepang di aceh di pimpin oleh
a. Teuku Hamid.. b. Iskandar
c. Hasan tiro d. Tengku Abdulah e. Cut kartini
Kunci jawaban : a
Kompetensi dasar yang di uji Menganalisis proses interaksi Indonesia jepang dan dampak pendudukan jepang
Indikator Menganalisa didirikan peta
Nomor Soal 27. Tujuan didirikan peta oleh jepang bertujuan
a. Memenuhi Kebutuhan perang jepang terhadap sekutu..
b. Agar bangsa Indonesia pandai berjuang
c. Aagar bangsa Indonesia cepat merdeka
d. Agar jepang diterima di Indonesia
e. Jepang membantu kemerdekaan Indonesia
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Assas perhimpunan Indonesia
Nomor Soal 28. Assas perhimpunan Indonesia salah satunya adalah
a. Bangsa Indonesia harus bersatu melawan penjajahan..
b. Nasib belanda adalah nasib Indonesia
c. Kekuatan Indonesia keuatan belanda
d. Indonesia adalah milik orang Indonesia
e. Bangsa belanda adalah penjajah
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Gerakan Nasional Indonesia
Nomor Soal 29. Gerakan Nasional Indonesia bangkit pada
a. Abat 18 b. Abat 17 c. Pada akhir abat ke 19..
d. Abat 20 e. Abat 15
Kunci jawaban : c
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Organisasi Budi Utomo
Nomor Soal 30 Organisasi Budi Utomo berdiri atas inisiatif
a. Haji Samanhudi b. Suwardi
c. Wahidin Soedirohoesodo.. d. Soekarno
e Dauwes Dekker
Kunci jawaban : c
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Kartini
Nomor Soal 31. RA Kartini melopori
a. Gerakan Wanita.. b. Gerakan jawa
c. Organisasi Darma pertiwi d. Pperkumpulan wanita
e.Gerakan kemerdekaan
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Indiche Partij
Nomor Soal 32. Tujuan Indiche Partij adalah
a. Membangun patriotisme ssemua inders terhadap tanah air.. b. Menyebarkan agama
c. pendidikan d. bersatu menjadi bangsa Indonesia
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Indiche Partij
Nomor Soal 33. Pergerakan taman siswa mengalami hambatan setelah dikeluarkan kebijakan
a. Wlide Scholenn Ordonantie ..
b. Larangan dari belanda
c. Ttidak boleh berkumpul dan berserikat
d. Indonesia di bawah belanda
e. Kkebijakan otoriter belanda.
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Nasionalisme
Nomor Soal 34. Pengertian Nasionalisme adalah
a. Cinta dari semua komponen bangsa tanah air karena senasip kesamaan sejarah agama bahasa kehidupan social,pemerintahan...
b. Kebebasan individu
c. Kepentingan golongan untuk merdeka
d. Identitas daerah
e. Berjuang kepentingan daerah
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis pan-islamisme
Nomor Soal 35. yang di maksud paham pan-islamisme adalah
a, Paham yang menekankan pada persatuan dan kesatuan umat islam ..b. Paham dalam Negara islam dengan memaksa. c. Paham untuk menjadikan semua bangsa islam
d. Paham anti Kristen
e. Paham pergerakan membela islam untuk berkuasa
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Kata demokrasi
Nomor Soal 36. Kata demokrasi berasal dari bahasa
a. Yunani.. b. Indonesia c. Iingris
d. Jerman e. Melayu
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Terbentuknya awal organisasi kepemudaan di Indonesia
Nomor Soal 37. Terbentuknya awal organisasi kepemudaan di Indonesia disebabkan oleh
a. Semakin banyaknya pemuda yang mendapatkan pendidikan.. b. Karena di bentuk oleh belanda
c. Karena kesadaran para pemuda
d. Ingin merdeka
e. Untuk melawan belanda
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Terbentuknya awal organisasi kepemudaan di Indonesia
Nomor Soal 38. Koran pertama yang terbit di Indonesia adalah
a. Darmo Kondo.. b. Merdeka
c. jawa pos d Jakarta pos
e. Indonesia pos
Kunci jawaban : a
Kompetensi dasar yang di uji Membedakan pengaruh revolusi di Amerika perancis rusia terhadap perkembangan nasional Indonesia
Indikator Menganalisis tujuan kapitalisme
Nomor Soal 39. Yang menjadi tujuan kapitalisme adalah
a. Modal kecil keuntungan besar..
b. Modal besar keuntungan besar
c. Mencari sumber alam dengan menjajah
d. Berusaha menguasai sumber alam
e. Berusaha berdagang di seluruh Negara
Kunci jawaban : a
Kompetensi dasar yang di uji Membedakan pengaruh revolusi di Amerika perancis rusia terhadap perkembangan nasional Indonesia
Indikator Menganalisis kapitalisme
Nomor Soal 40. Ciri kapitalisme adalah
a. Pemilik modal bebas menggunakan cara apa saja untuk meningkatkan keuntungan..
b. Meningkatkan perdagangan di seluruh Negara
c. Mengembangkan industri
d. membuat alat alat perlengkapan perang
d. Berusaha menanamkan modal
e. Menjajah
Kunci jawaban : a
Kompetensi dasar yang di uji Membedakan pengaruh revolusi di Amerika perancis rusia terhadap perkembangan nasional Indonesia
Indikator Menganalisis kapitalisme
Nomor Soal 41. Kebijakan merkantilisme adalah
a. Mendapatkan logam mulia sebanyak banyaknya..
b. Melakukan penjajahan
c. Mendapatkan Negara jajahan
d. Membuat kebijakan kerja paksa bagi rakyat jajahan e. Merampok kapal kapal dagang
Kunci jawaban : a
Kompetensi dasar yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis perlawanan Banten
Nomor Soal 42. Tokoh perlawanan Banten dalam menghadapi VOC adalah
a. Dipati Unus b. Sultan Agung..
c. Sultan tirnaya d. Fatailah e. Hasanudin
Kunci jawaban : b
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Perang diponegoro
Nomor Soal 43. Perang diponegoro berlangsung tahun
a. 1825-1830.. b. 1820-1825 c. 1930-1936
d. 1700-1710 e. 1500-1510
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis perjanjian Bongaya
Nomor Soal 44. Isi perjanjian Bongaya antara sultan Hasanudin dan VOC
a. VOC Berhak menopoli perdagangan di laut makasar
b. VOC berhak menopoli perdagangan di makasar..
c. VOC berkuasa atas maluku
d. Hasanudin tunduk belanda
e. Belanda kerjasama dengan hasanudin untuk berdagang
Kunci jawaban : b
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Tokoh perlawanan wanita
Nomor Soal 45. Tokoh perlawanan wanita yang berasal dari maluku adalah
a. Martha Chistina T.. b. RA. Kartini
c. Cut nya Dhin d. Sartika
e. Martina
Kunci jawaban : a
Kompetensi yang di uji Menganalisis hubungan antara perkembangan paham baru dan transpormasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
Indikator Menganalisis Mahatma Gandhi dan Jawaharal Nehru
Nomor Soal 46. Mahatma Gandhi dan Jawaharal Nehru merupakan tokoh India yang melakukan
a. Investasi Swasta b. Taman Paksa
c. Politik etis d. Gerakan Nasional..
e. Gerakan Kemerdekaan
Kunci jawaban : d
Kompetensi dasar yang di uji Membedakan pengaruh revolusi di Amerika perancis rusia terhadap perkembangan nasional Indonesia
Indikator Menganalisis Pengganti Lenin untuk memimpin Uni Soviet
Nomor Soal 47. Pengganti Lenin untuk memimpin Uni Soviet
a. Thoroskh b. Nicholis
c. Zinonov d. Lazimir e. Stalin..
Kunci jawaban : e
Kompetensi Dasar yang di uji Menganalisis perkembangan pengaruh barat dan perubahaan ekonomi
Indikator Menganalisis Bangsa Spanyol
Nomor Soal 48. Bangsa Spanyol yang mendarat di kepulauan Maluku di pimpin oleh ..
a. Christopher C b. Sebastian c. Fransiskus
d. Ferdinand Magellan.. e. Victoria
Kunci jawaban : d
Kompetensi Dasar yang di uji Menganalisis perkembangan pengaruh barat dan perubahaan ekonomi
Indikator Menganalisis Bangsa Spanyol
Nomor Soal 49. Belanda tiba di Banten di pimpin oleh
a. Van Linschoten b. Sir James
c. Thomas d. Cornelius De Houtman.. e. Load
Kunci jawaban : d
Kompetensi Dasar yang di uji Menganalisis perkembangan pengaruh barat dan perubahaan ekonomi
Indikator Menganalisis Pamflet Comon Sense
Nomor Soal 50. Penulis Pamflet Comon Sense adalah
a. Wiliam Howe b. Binjamin Franklin
c. John Adam d. Frans Seda e. Thomas Paine..
Kunci jawaban : e