soal sejarah 15 sma

FORMAT KISI KISI SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL 2008/2009
SMA K ST FRANSISKUS ASSISI SAMARINDA


Mata pelajaran             :  Sejarah
Klas                             :  XI IPS
Waktu                         :  120 Menit.

Kompetensi yang di uji    :  Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan hindu-Budha terhadap Masyarakat di  berbagai Daerah di indonesia.
Indikator                            :  Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang muncul pertama kali agama Hindu –Bundha
Nomor soal                         :  1. Agama Hindu tumbuh pertama kali di india pada tahun.....
a. 1500 sm            b. 1550  sm           c. 1200   sm           d. 1350 sm              e 1545 sm
Kunci jawaban                    : A

Kompetensi yang di uji    :  Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan hindu-Budha terhadap Masyarakat di  berbagai Daerah di indonesia.
Indikator                            :  Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang mulai berkembangnya agama Hindu
Nomor   soal                         : 2. Agama hindu mulai berkembang di kota.....
                                                   a. Mohenjo Daro dan Harappa     b. Mohenjo           c. Harappa            d. india   e. lembah indus
Kunci jawaban                    : A

Kompetensi yang di uji    :  Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan hindu-Budha terhadap Masyarakat di  berbagai Daerah di indonesia.
Indikator                           :  Siswa mampu menjawab  tempat pendidikan agama Hindu Budha
Nomor soal                       :  3. Sistim pendidikan berasrama dalam agama Hindu budha disebut......
                                                a. Ashram         b. Candi                     c. Kuil                     d. Biara                 e. Asrama
Kunci jawaban                    :  A

Kompetensi yang di uji     :  Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan hindu-Budha terhadap Masyarakat di  berbagai Daerah di indonesia.
Indikator                            :  Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang pengaruh agama Hindu budha dalam bidang arsitektur 
Nonor soal                               4. Pengaruh agama hindu budha dalam bidang arsitektur terlihat dalam
                                                     a. Candi            b. Kuli                    c. Biara                  d. menara              e. Asrama
Kunci jawaban                    : A

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang kerajaan Tarumanegara
Nomor soal                           : 5. Kerajaan Tarumanegara  mengadakan hubungan diplomasi dengan dinasti dari cina yaitu dinasti.....
                                                   a. Tang               b. Tang dan Sui    c. Sui      d. Syailendra        e. Sanjaya
Kunci jawaban                    : B

Kompetensi yang di uji       : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Prasasti  Raja Purnawarman
Nomor soal                           : 6. Prasasti yang berisis bahwa Raja Purnawarman menggali sungai gomati adalah...
 a. Prasasti Muara ciantan b. Prasasti tugu     c. Prasasti Ciaruteun d. Prasasti Citarum       
 e. Prasasti ciawis
Kunci Jawaban                    : B

Kompetensi yang di uji        : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Agama Mayarakat Kutai
Nomor soal                           : 7.Agama hindu yang dianut oleh Mayarakat Kutai adalah....
                                                   a. Hindu Budha                b. Hindu Siwa       c. Budha                                d. Siwa   e. Hindu India
Kunci Jawaban                    : B

Kompetensi yang di uji        : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                                  : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang bukti utama peninggalan kerajaan Kutai
Nomor soal                              : 8. Bukti utama peninggalan dari kerajaan kutai adalah....
                                                     a. Tugu        b, Yupa       c.Prasasti   d. Patung          e.  Candi
Kunci Jawaban                       : B

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang letak Kerajaan Melayu
Nomor soal                           : 9. letak posisi kerajaan melayu tepatnya berada di  ....
                                                  a Tepi sungai  sumatra utara  b. Tepi alur sungai batanghari  c. Tepi alur sungai barito   
   d. Sumatra selatan  e. Malasyia
Kunci jawaban                    B

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang keberadaan Kerajaan Melayu
Nomor soal                           : 10. Pengelana cina yang memberitakan keberadaan kerajaan Melayu adalah ....
                                                   a. I sang Tsing   b. I Tsing               c. Chan siu            d. Micahan shu    e. Wachan wiu
Kunci jawaban                    : B

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang sistim kerajaan Holing
Nomor soal                           : 11. Sistim pemerintahaan kerajaan holing adalah.....
                                                     a. . Sistim agama            Hindu b. sistim sistim dinasti  c.  Matrilineal  d. turun temurun 
     e. Kekeluargaan Kerajaan
Kunci jawaban                    : C

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang nama Ratu dari kerajaan Holing
Nomor Soal                          :  12. Nama ratu dari penguasa kerajaan holing adalah .....
                                                  a.  Suta suma     b.Erlanga               c, Sima                   d. Sanjaya            e. Syailendra
Kunci jawaban                    : C

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang prasasti peninggalan kerajaan sriwijaya
Nomor Soal                          : 13. Ditulis dengan huruf apakah prasasti peninggalan dari kerajaan sriwijaya..
                                                a. Huruf jawa kuno            b. Huruf india       c. Huruf palawa   d. Hurup arab    e. Huruf  Indonesia
Kunci jawaban                    : C

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Sriwijaya
Nomor Soal  :                       14. Abat keberapakah kerajaan sri wijaya terbentuk.....
                                                a. Abat 5 m           b. Abat 4 m           c. Abat 6 m           d. Abat 7    e. Abat 8
Kunci jawaban                    : C

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Mataram Kuno
Nomor Soal                          : 15. Pada abat ke berapakah zaman kerajaan mataram kuno berlangsung....
                                                 a. Abat 4 m          b. Abat 5m  c. Abat 7 m sampai awal abat 13 m     d . Abat 6 m   e. Abat 8 m
Kunci jawaban                    : C

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Mataram Kuno
Nomor soal                           16. Disebut apakah pusat dari kerajaan Mataram kuno.....
                                                a. Bumi macapait               b. Bumi khauripan  c, Bhumi Mataram  d. kesultanan                  e. kerajaan hindu budha
Kunci jawaban                    : C

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang prasasti Tangeran,  Bangil dan nganjuk
Nomor soal                           : 17 . Prasasti yang di temukan di Tangeran , Jombang bertuliskan tahun ....
                                                 a. 934 m                               b. 922 m                                c. 930 m                 d. 933 m               e. 900 m               
Kunci jawaban                    : D

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang prasasti Tangeran,  Bangil dan nganjuk
Nomor soal                           : 18. Prasasti apakah yang di temukan di Tangeran, Bangil dan Nganjuk....
                                                  a. Prasasti Sanjaya  b. Prasasti Syailendra  c. Prasasti  Empu sedah 
   d. Prasasti Empu gandreng  e. Prasasti Empu Sindok
Kunci jawaban                    : E

Kompetensi yang di uji       : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang dinasti kenarok
nomor soal                             : 19. Dinasti yang di bangun oleh kenarok adalah ......
                                                 a. Dinasti sanjaya     b. Dinasti Syailendra  c, Dinasti Kenarok   d. Dinasti maratam   e. Rajasa
Kunci jawaban                    : E

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang gelar  kenarok
Nomor soal                           : 20. Gelar  Ken Arok adalah.....
                                                a. Sri Rangga Lawe             b. Sri Maha Prabu Ken Arok    c. Sri Rangga Rajasa
d. Sri Rangga Rajasa Amurwabhumi              e. Sri Maha Raja Prabu Ken Arok
Kunci jawaban                    : D

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Kediri 
Nomor soal                           : 21. Raja pertama dari Kerajaan Kediri adalah.....
                                                  a. Raja Sri Jayawarsha    b. Raja Erlangga  c. Purnawarman  d. Jaya baya         e. Kenarok
Kunci Jawaban                    : A

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Kediri 
Nomor soal                           : 22. Raja yang memerintah Kerajaan Kediri setelah Bmeswara  adalah......
                                                  a.  Jayakarta      b. Erlangga  c. Jayabhaya  d. Empu Dharma                 e. Baweswara
Kunci jawaban                    : C

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Kediri 
Nomor Soal                          :  23. Letak Kerajaan Pajaran berada di ......
                                                   a. Pasundan jawa Barat      b. Pasundan Jawa tengah             c. Tanggerang Jawa Barat                
                 d. Banten                             e. Jawa Tengah
Kunci jawaban                     :  A

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang ajaran agama yang di kembangkan oleh Raja Jayabuphati 
Nomor soal                           : 24. Ajaran agama yang di kembangkan oleh Raja Jayabuphati adalah......
                                                    a. Hindu            b. Budha   c. Hindu Waisnawa         d. Budha   e. Budha Hindu
Kunci jawaban                    : C

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang prasasti Kerajaan Bali
Nomor soal                           : 25. Informasi mengenai Raja-raja yang pernah memerintah di kerajaan Bali diperoleh dari prasasti.....
a. Prasasti sanur.            b. Prasasti Kedang     c. Kitap pararaton        
d. Kitap Wahyu              e. Kitab ceritaan Parahyangan
Kunci jawaban                    : E

Kompetensi yang di uji       : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang agama Hindu Budha
Nomor soal                            : 26. Kebudayaan  dan Agama hindu Budha berasal dari Negara......
                                                   a. India               b. Arab.   c. Mesir   d. Indostan  e. China
Kunci jawaban                    :  A


Kompetensi yang di uji       : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang kerajaan  Hindu Budha pertama di Indonesia
Nomor soal                            :  27. Kerajaan Hindu Budha pertama di indonesia adalah.....
                                                    a. Sriwijaya       b. Kutai    c. Macapait        d. Holing     e. Pajajaran
Kunci Jawaban                    :  B

Kompetensi yang di uji       : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Hindu Budha
Nomor soal                            : 28. Kerajaan –kerajaan Hindu Budha di indonesia tumbuh dan berkembang pada pereode  tahun.....
                                                    a. 300 m                            b. 400 m                                c. 350 m                                d. 500 m                                e. 470 m
Kunci jawaban                    : B

Kompetensi yang di uji       :  Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               :  Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang gelar Raden Wijaya
Nomor soal                            :  29. Gelar dari Raden Wijaya adalah.......
a. Sri Kerta raja syah    b. Sri paduka Raja Syah Kerta buana
c. Mahaprabu Sri Kerta Syahd. Sri   Kertarajasa Jaya warddhana     e. Sri Kertajaya Syah
Kunci jawaban                    : C


Kompetensi yang di uji       : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                              :  Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Raja Majapait
Nomor Soal                          : 30. Raden Wijaya naik tahta menjadi Raja Majapahit pada tahun......
                                                    a. 1290   b. 1280  c. 1293   d. 1291  e. 1294
KUnci jawaban                    : C

Kompetensi yang di uji       : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Tumbuhnya agama islam
Nomor soal                           : 31. Agama Islam pertama kali lahir dan tumbuh di  kota .....
                                                   a. Kota Mekah  b. Kota madinah c. Mesir  d. Arab   e. India
Kunci jawaban                     : A

Kompetensi yang di uji       : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Tumbuhnya agama islam
Nomor soal                            : 32. Islam pertama kali disiarkan oleh......
                                                  a. Sidarta gautama           b. Wali songgo      c. Para totoh agama          
  d. Kerajaan arab               e. Nabi Muhammad   SAW
Kunci Jawaban                    : E

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang pedagang islam
Nomor soal                           : 33. Kawasan tempat tinggal para pedagang Islam dari arab di suatu daerah disebut....
a.  Bandar perdagangan                 b. Pelabuhan perdagangan  c. Pusat Tata niaga          
d. Pakojan         e. Daerah perdagangan
Kunci Jawaban                    : D

Kompetensi yang di uji     :  Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
Indikator                            : Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang ajaran islam
Nomor soal                         : 34. Ajaran atau cara untuk mendekatkan diri pada Tuhan disebut......
                                                     a. Bertobat       b. Tasawuf            c. Syariah              d. Iman  e. Pendidikan
Kunci jawaban                    : B

Kompetensi yang di uji       :  Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
Indikator                                 : Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang gelar Raja yang di pengaruhi islam
Nomor soal                             : 35. Gelar Raja yang dipengaruhi Islam disebut.....
                                                    a. Raja               b. Syah  c. Muhammad     d. Kyai       e. Sultan
Nomr jawaban                      :  E

Kompetensi yang di uji       :  Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
Indikator                                 : Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang Nilai-nilai yang di bawa islam
Nomor soal                          : 36. Nilai-nilai yang dibawa islam sehingga mempengaruhi perubahaan sosial budaya  masyarakat  Indonesia adalah....
                                                     a. Egalitarianisme           b. etika   c. Norma               d. Sopan santun   e. Tata krama
Kunci jawaban                    : A

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                             : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Samudra pasai 
Nomor soal                         :  37. Kerajaan Samudra Pasai didirikan pada abat.....
                                                   a. abat ke 10 m b. Abat ke 11 m   c. Abat ke 9 m      d. abat ke 8 m     e. abat ke 7 m
Kunci jawaban                   : B

Kompetensi yang di uji     : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Aceh Darusalam  
Nomr soal                             : 38. Raja dari kerajaan Aceh Darusalam yang menerima pada tahun 1537 -1568 adalah
                                                   a. Sultan syah bandar  b. Sultan iskandar syah  c. Meurah khair         
   d. Sultan Mudzafat Syah                  e. Sultan Alauddin
Kunci jawaban                    : E

Kompetensi yang di uji     : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Malaka
Nomr soal                             : 39. Nama Raja pertama kerajaan malaka adalah.....
                                                   a. Iskandar Syah              b. Muhammad Iskandar Syah    c. Sultan Mudzafat Syah       
   d. Sultan Mansur Syah    e. Sultan Mahmud Syah
Kunci jawaban                    : A

Kompetensi yang di uji     : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Malaka
Nomor soal                           : 40. Raja Iskandar Syah berkuasa pada tahun ......
                                                  a. 1396-1410      b. 1396-1411        c. 1397-1414        d. 1399-1414   e. 1396-1414
Kunci jawaban                    : E

Kompetensi yang di uji      : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan aceh Darusalam
Nomor soal                           : 41. Raja pertama dari kerajaan aceh Darusalam adalah.....
  a. Sultan Ali muddin                         b. Sultan mahmud alimudin             c. Sultan baharudin
                                  d. Sultan Sultan Ali Mughayat        e. Sultan Iskandar muda
Kunci jawaban                    :  D

Kompetensi yang di uji      :  Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                               :  Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan aceh Darusalam
Nomor soal                           :  42. Kerajaan Aceh Darusalam berperan sebagai pusat penyebaran agama .....
                                                   a. Hindu Budha                b. Hindu. c. Islam muhammadiyah                d, Isalam NU        e. Islam
Kunci jawaban                    :  E

Kompetensi yang di uji      :  Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                               :  Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Demak
Nomor soal                           :  43. Raja pertama dari kerajaan Demak adalah....
                                                    a. Raden Patah                b, Raden wijaya  c, Raden trenggono             d. Joko tingkir       e. Fataillah
Kunci jawaban                    :  C

Kompetensi yang di uji      :  Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                               :  Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Demak
Nomor soal                           :  44. Demak mencapai masa kejayaannya pada masa.....
a. Sultan Hadiwijaya       b. Joko Tingkir     c. Sultan Trenggono            d. Sunan Prawoto                                e. Arya   Penangsang
Kunci jawaban                    : C

Kompetensi yang di uji      :  Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                               :  Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Goa dan talo
Nomor soal                           :   45. Kerajaan Goa dan talo terletak di .....
                                                   a. Sulawesi utara   b. Sulawesi       c, Maluku    d. Sulawesi Selatan       e. Ambon
Kunci jawaban                    : D


B. KISI-KISI ISSEY XI IPS

Kompetensi yang di uji     : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Kutai dan Kerajaan Sriwijaya

Nomor soal                           : 1.  a. Terletak di mana kerajaan Kutai . Siapa Raja pertama  dari Kerajaan Kutai ?
                                                       b. Terletak di mana Kerajaan Sriwijaya. Siapa Raja Pertama dari kerajaan Sri Wijaya ?
 Kunci jawaban                   :  a. Di Kalimantan Timur Rajanya Kudungga.
                                                   b. Di sekitar sungai Batang Hari , pantai timur sumatra . Rajanya Dapunta

Kompetensi yang di uji     : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator                               : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan samudra pasai dan Kerajaan Demak
Nomor soal                           : 2 . a. Terletak di mana kerajaan samudra pasai dan siapa nama Raja pertamanya ?  :
       b. Terletak di mana kerajaan Demak dan siapa raja pertamanya ?
Kunci jawaban                    : a.  di  Pesisir laut pantai Aceh  . Rajanya Maharaja mahmud Syah
                                                : b.  Di Jawa Tengah  Rajanya Raden Patah

Kompetensi yang di uji      :  Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal Hindu Budha dan islam di Indonesia
Indikator                            :  Siswa mampu menjelaskan menyebutkan 12 bentuk peninggalan akulturasi di indonesia
Nomor soal                           : 3. Sebutkan 12 bentuk peninggalan –peninggalan akulturasi di Indonesia?
Kunci jawaban                   : 1. Seni Bangunan               2. Batu Nisan atau batu kubur         3. Seni aksara       4. Seni ukir            5. Seni  Sastra              6. Sistim Pemerintahaan    7. sistim Budaya  8. Sistim sosial Budaya      9. Sistim Ekonomi. 10 . Pemikiran            11 Fikih    12. Qalam dan Tasawuf

Kompetensi yang di uji      :  Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal Hindu Budha dan islam di Indonesia
Indikator                            :  Siswa mampu menjelaskan perkembangan agama islam di Indonesia
Nomor soal                           : 4. Setelah agama islam berkembang di Indonesia terjadi apa, Jelaskan ?
Kunci jawaban                 : Terjadi akulturasi antara kebudayaan lokal dengan kebudayaan islam . Akulturasi kedua kebudayaan ini masih memperlihatkan ciri khas masing-masing kebudayaan

Kompetensi yang di uji      :  Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal Hindu Budha dan islam di Indonesia
Indikator                            :  Siswa mampu menjelaskan akulturasi budaya lokal dengan budaya islam
Nomor soal                           :  5. Akulturasi budaya lokal dengan budaya islam dapat pula kita jumpai pada ?
kunci jawaban                    :  Pada  seni aksara seperti pada tulisan arab-melayu. tulisan ini merupakan tulisan arab berbahasa melayu yang tidak memakai tanda baris, biasanya diajarkan di sekolah-sekolah tingkat dasar.