FORMAT KISI KISI SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL 2008/2009
SMA K ST FRANSISKUS ASSISI SAMARINDA
Mata pelajaran : Sejarah
Klas : XI IPS
Waktu : 120 Menit.
Kompetensi yang di uji : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan hindu-Budha terhadap Masyarakat di berbagai Daerah di indonesia .
Indikator : Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang muncul pertama kali agama Hindu –Bundha
Nomor soal : 1. Agama Hindu tumbuh pertama kali di india pada tahun.....
a. 1500 sm b. 1550 sm c. 1200 sm d. 1350 sm e 1545 sm
Kunci jawaban : A
Kompetensi yang di uji : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan hindu-Budha terhadap Masyarakat di berbagai Daerah di indonesia .
Indikator : Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang mulai berkembangnya agama Hindu
Nomor soal : 2. Agama hindu mulai berkembang di kota .....
a. Mohenjo Daro dan Harappa b. Mohenjo c. Harappa d. india e. lembah indus
Kunci jawaban : A
Kompetensi yang di uji : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan hindu-Budha terhadap Masyarakat di berbagai Daerah di indonesia .
Indikator : Siswa mampu menjawab tempat pendidikan agama Hindu Budha
Nomor soal : 3. Sistim pendidikan berasrama dalam agama Hindu budha disebut......
a. Ashram b. Candi c. Kuil d. Biara e. Asrama
Kunci jawaban : A
Kompetensi yang di uji : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan hindu-Budha terhadap Masyarakat di berbagai Daerah di indonesia .
Indikator : Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang pengaruh agama Hindu budha dalam bidang arsitektur
Nonor soal 4. Pengaruh agama hindu budha dalam bidang arsitektur terlihat dalam
a. Candi b. Kuli c. Biara d. menara e. Asrama
Kunci jawaban : A
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang kerajaan Tarumanegara
Nomor soal : 5. Kerajaan Tarumanegara mengadakan hubungan diplomasi dengan dinasti dari cina yaitu dinasti.....
a. Tang b. Tang dan Sui c. Sui d. Syailendra e. Sanjaya
Kunci jawaban : B
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Prasasti Raja Purnawarman
Nomor soal : 6. Prasasti yang berisis bahwa Raja Purnawarman menggali sungai gomati adalah...
a. Prasasti Muara ciantan b. Prasasti tugu c. Prasasti Ciaruteun d. Prasasti Citarum
e. Prasasti ciawis
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Agama Mayarakat Kutai
Nomor soal : 7.Agama hindu yang dianut oleh Mayarakat Kutai adalah....
a. Hindu Budha b. Hindu Siwa c. Budha d. Siwa e. Hindu India
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang bukti utama peninggalan kerajaan Kutai
Nomor soal : 8. Bukti utama peninggalan dari kerajaan kutai adalah....
a. Tugu b, Yupa c.Prasasti d. Patung e. Candi
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang letak Kerajaan Melayu
Nomor soal : 9. letak posisi kerajaan melayu tepatnya berada di ....
a Tepi sungai sumatra utara b. Tepi alur sungai batanghari c. Tepi alur sungai barito
d. Sumatra selatan e. Malasyia
Kunci jawaban B
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang keberadaan Kerajaan Melayu
Nomor soal : 10. Pengelana cina yang memberitakan keberadaan kerajaan Melayu adalah ....
a. I sang Tsing b. I Tsing c. Chan siu d. Micahan shu e. Wachan wiu
Kunci jawaban : B
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang sistim kerajaan Holing
Nomor soal : 11. Sistim pemerintahaan kerajaan holing adalah.....
a. . Sistim agama Hindu b. sistim sistim dinasti c. Matrilineal d. turun temurun
e. Kekeluargaan Kerajaan
Kunci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang nama Ratu dari kerajaan Holing
a. Suta suma b.Erlanga c, Sima d. Sanjaya e. Syailendra
Kunci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang prasasti peninggalan kerajaan sriwijaya
a. Huruf jawa kuno b. Huruf india c. Huruf palawa d. Hurup arab e. Huruf Indonesia
Kunci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Sriwijaya
a. Abat 5 m b. Abat 4 m c. Abat 6 m d. Abat 7 e. Abat 8
Kunci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Mataram Kuno
a. Abat 4 m b. Abat 5m c. Abat 7 m sampai awal abat 13 m d . Abat 6 m e. Abat 8 m
Kunci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Mataram Kuno
Nomor soal 16. Disebut apakah pusat dari kerajaan Mataram kuno.....
a. Bumi macapait b. Bumi khauripan c, Bhumi Mataram d. kesultanan e. kerajaan hindu budha
Kunci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang prasasti Tangeran, Bangil dan nganjuk
Nomor soal : 17 . Prasasti yang di temukan di Tangeran , Jombang bertuliskan tahun ....
a. 934 m b. 922 m c. 930 m d. 933 m e. 900 m
Kunci jawaban : D
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang prasasti Tangeran, Bangil dan nganjuk
Nomor soal : 18. Prasasti apakah yang di temukan di Tangeran , Bangil dan Nganjuk....
a. Prasasti Sanjaya b. Prasasti Syailendra c. Prasasti Empu sedah
d. Prasasti Empu gandreng e. Prasasti Empu Sindok
Kunci jawaban : E
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang dinasti kenarok
nomor soal : 19. Dinasti yang di bangun oleh kenarok adalah ......
a. Dinasti sanjaya b. Dinasti Syailendra c, Dinasti Kenarok d. Dinasti maratam e. Rajasa
Kunci jawaban : E
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang gelar kenarok
Nomor soal : 20. Gelar Ken Arok adalah.....
a. Sri Rangga Lawe b. Sri Maha Prabu Ken Arok c. Sri Rangga Rajasa
d. Sri Rangga Rajasa Amurwabhumi e. Sri Maha Raja Prabu Ken Arok
Kunci jawaban : D
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Kediri
Nomor soal : 21. Raja pertama dari Kerajaan Kediri adalah.....
a. Raja Sri Jayawarsha b. Raja Erlangga c. Purnawarman d. Jaya baya e. Kenarok
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Kediri
Nomor soal : 22. Raja yang memerintah Kerajaan Kediri setelah Bmeswara adalah......
a. Jayakarta b. Erlangga c. Jayabhaya d. Empu Dharma e. Baweswara
Kunci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Kediri
a. Pasundan jawa Barat b. Pasundan Jawa tengah c. Tanggerang Jawa Barat
d. Banten e. Jawa Tengah
Kunci jawaban : A
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang ajaran agama yang di kembangkan oleh Raja Jayabuphati
Nomor soal : 24. Ajaran agama yang di kembangkan oleh Raja Jayabuphati adalah......
a. Hindu b. Budha c. Hindu Waisnawa d. Budha e. Budha Hindu
Kunci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang prasasti Kerajaan Bali
Nomor soal : 25. Informasi mengenai Raja-raja yang pernah memerintah di kerajaan Bali diperoleh dari prasasti.....
a. Prasasti sanur. b. Prasasti Kedang c. Kitap pararaton
d. Kitap Wahyu e. Kitab ceritaan Parahyangan
Kunci jawaban : E
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang agama Hindu Budha
Nomor soal : 26. Kebudayaan dan Agama hindu Budha berasal dari Negara......
a. India b. Arab. c. Mesir d. Indostan e. China
Kunci jawaban : A
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang kerajaan Hindu Budha pertama di Indonesia
Nomor soal : 27. Kerajaan Hindu Budha pertama di indonesia adalah.....
a. Sriwijaya b. Kutai c. Macapait d. Holing e. Pajajaran
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Hindu Budha
Nomor soal : 28. Kerajaan –kerajaan Hindu Budha di indonesia tumbuh dan berkembang pada pereode tahun.....
a. 300 m b. 400 m c. 350 m d. 500 m e. 470 m
Kunci jawaban : B
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang gelar Raden Wijaya
Nomor soal : 29. Gelar dari Raden Wijaya adalah.......
a. Sri Kerta raja syah b. Sri paduka Raja Syah Kerta buana
c. Mahaprabu Sri Kerta Syahd . Sri Kertarajasa Jaya warddhana e. Sri Kertajaya Syah
Kunci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Raja Majapait
a. 1290 b. 1280 c. 1293 d. 1291 e. 1294
KUnci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Tumbuhnya agama islam
Nomor soal : 31. Agama Islam pertama kali lahir dan tumbuh di kota .....
a. Kota Mekah b. Kota madinah c. Mesir d. Arab e. India
Kunci jawaban : A
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Tumbuhnya agama islam
Nomor soal : 32. Islam pertama kali disiarkan oleh......
a. Sidarta gautama b. Wali songgo c. Para totoh agama
d. Kerajaan arab e. Nabi Muhammad SAW
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang pedagang islam
Nomor soal : 33. Kawasan tempat tinggal para pedagang Islam dari arab di suatu daerah disebut....
a. Bandar perdagangan b. Pelabuhan perdagangan c. Pusat Tata niaga
d. Pakojan e. Daerah perdagangan
Kompetensi yang di uji : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
Indikator : Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang ajaran islam
Nomor soal : 34. Ajaran atau cara untuk mendekatkan diri pada Tuhan disebut......
a. Bertobat b. Tasawuf c. Syariah d. Iman e. Pendidikan
Kunci jawaban : B
Kompetensi yang di uji : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
Indikator : Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang gelar Raja yang di pengaruhi islam
Nomor soal : 35. Gelar Raja yang dipengaruhi Islam disebut.....
a. Raja b. Syah c. Muhammad d. Kyai e. Sultan
Nomr jawaban : E
Kompetensi yang di uji : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
Indikator : Siswa Mampu menjawab pertanyaan tentang Nilai-nilai yang di bawa islam
Nomor soal : 36. Nilai-nilai yang dibawa islam sehingga mempengaruhi perubahaan sosial budaya masyarakat Indonesia adalah....
a. Egalitarianisme b. etika c. Norma d. Sopan santun e. Tata krama
Kunci jawaban : A
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Samudra pasai
Nomor soal : 37. Kerajaan Samudra Pasai didirikan pada abat.....
a. abat ke 10 m b. Abat ke 11 m c. Abat ke 9 m d. abat ke 8 m e. abat ke 7 m
Kunci jawaban : B
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Aceh Darusalam
Nomr soal : 38. Raja dari kerajaan Aceh Darusalam yang menerima pada tahun 1537 -1568 adalah
a. Sultan syah bandar b. Sultan iskandar syah c. Meurah khair
d. Sultan Mudzafat Syah e. Sultan Alauddin
Kunci jawaban : E
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Malaka
Nomr soal : 39. Nama Raja pertama kerajaan malaka adalah.....
a. Iskandar Syah b. Muhammad Iskandar Syah c. Sultan Mudzafat Syah
d. Sultan Mansur Syah e. Sultan Mahmud Syah
Kunci jawaban : A
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Malaka
Nomor soal : 40. Raja Iskandar Syah berkuasa pada tahun ......
a. 1396-1410 b. 1396-1411 c. 1397-1414 d. 1399-1414 e. 1396-1414
Kunci jawaban : E
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan aceh Darusalam
Nomor soal : 41. Raja pertama dari kerajaan aceh Darusalam adalah.....
a. Sultan Ali muddin b. Sultan mahmud alimudin c. Sultan baharudin
d. Sultan Sultan Ali Mughayat e. Sultan Iskandar muda
Kunci jawaban : D
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan aceh Darusalam
Nomor soal : 42. Kerajaan Aceh Darusalam berperan sebagai pusat penyebaran agama .....
a. Hindu Budha b. Hindu. c. Islam muhammadiyah d, Isalam NU e. Islam
Kunci jawaban : E
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Demak
Nomor soal : 43. Raja pertama dari kerajaan Demak adalah....
a. Raden Patah b, Raden wijaya c, Raden trenggono d. Joko tingkir e. Fataillah
Kunci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Demak
Nomor soal : 44. Demak mencapai masa kejayaannya pada masa.....
a. Sultan Hadiwijaya b. Joko Tingkir c. Sultan Trenggono d. Sunan Prawoto e. Arya Penangsang
Kunci jawaban : C
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Goa dan talo
Nomor soal : 45. Kerajaan Goa dan talo terletak di .....
a. Sulawesi utara b. Sulawesi c, Maluku d. Sulawesi Selatan e. Ambon
Kunci jawaban : D
B. KISI-KISI ISSEY XI IPS
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan Kutai dan Kerajaan Sriwijaya
Nomor soal : 1. a. Terletak di mana kerajaan Kutai . Siapa Raja pertama dari Kerajaan Kutai ?
b. Terletak di mana Kerajaan Sriwijaya . Siapa Raja Pertama dari kerajaan Sri Wijaya ?
Kunci jawaban : a. Di Kalimantan Timur Rajanya Kudungga .
b. Di sekitar sungai Batang Hari , pantai timur sumatra . Rajanya Dapunta
Kompetensi yang di uji : Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-Negara Kerajaan –Kerajaan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang Kerajaan samudra pasai dan Kerajaan Demak
Nomor soal : 2 . a. Terletak di mana kerajaan samudra pasai dan siapa nama Raja pertamanya ? :
b. Terletak di mana kerajaan Demak dan siapa raja pertamanya ?
Kunci jawaban : a. di Pesisir laut pantai Aceh . Rajanya Maharaja mahmud Syah
: b. Di Jawa Tengah Rajanya Raden Patah
Kompetensi yang di uji : Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal Hindu Budha dan islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjelaskan menyebutkan 12 bentuk peninggalan akulturasi di indonesia
Nomor soal : 3. Sebutkan 12 bentuk peninggalan –peninggalan akulturasi di Indonesia ?
Kunci jawaban : 1. Seni Bangunan 2. Batu Nisan atau batu kubur 3. Seni aksara 4. Seni ukir 5. Seni Sastra 6. Sistim Pemerintahaan 7. sistim Budaya 8. Sistim sosial Budaya 9. Sistim Ekonomi . 10 . Pemikiran 11 Fikih 12. Qalam dan Tasawuf
Kompetensi yang di uji : Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal Hindu Budha dan islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjelaskan perkembangan agama islam di Indonesia
Nomor soal : 4. Setelah agama islam berkembang di Indonesia terjadi apa, Jelaskan ?
Kunci jawaban : Terjadi akulturasi antara kebudayaan lokal dengan kebudayaan islam . Akulturasi kedua kebudayaan ini masih memperlihatkan ciri khas masing-masing kebudayaan
Kompetensi yang di uji : Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal Hindu Budha dan islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menjelaskan akulturasi budaya lokal dengan budaya islam
Nomor soal : 5. Akulturasi budaya lokal dengan budaya islam dapat pula kita jumpai pada ?
kunci jawaban : Pada seni aksara seperti pada tulisan arab-melayu. tulisan ini merupakan tulisan arab berbahasa melayu yang tidak memakai tanda baris, biasanya diajarkan di sekolah-sekolah tingkat dasar.