soal sejarah 13 sma

FORMAT KISI KISI SOAL UJIAN SEMESTER  I (GANJIL ) TAHUN 2008/2009


Mata pelajaran             :  Sejarah
Klas                             :  X
Waktu                         :  120 Menit.
Hari / Tanggal             : 


Kopentensi  yang di uji       :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
   
Indikator                               :   Siswa mampu menjawab kata sejarah
Nomor yang di uji               :   1. Kata Arab yang menjadi asal usul kata sejarah adalah .....
   a. Syajaratun    b. Saratun    c. pohon          d. Syajaratunas       e. Syarifudin
Kunci Jawaban                    : A

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               :  Siswa mampu menjawab tentang historia
Nomor soal                           :  2. Dalam bahasa yunani , Historia berarti......
                                               a. Informasi atau pencarian     b. Informasi pemahaman       c. Informasi atau komunikasi         
                                              d. Informasi atau pengumpulan           e. Informasi atau informen
Kunci jawaban                    : A

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang arsitek
Nomor soal                           : 3. Seorang arsitek yang berminat pada sejarah adalah ....
 a. Hasan Bin Husain    b. Hasan Bin Latif     c. Hasan Bin Hasim    
 d. Hasan Bin harin    e. Hasan bin hanin
Kunci jawaban                    : A

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang tokoh yang memberikan pendapat tentang sejarah 
Nomor soal                           :  4. Tokoh Indonesia yang memberikan pendapatnya tentang sejarah adalah .....
                                                  a. Kontowijoyo  b. Kontokaryo      c. Kantowiono      d. Kantowikrama   e. Kantowitayo
Kunci jawaban                    : A

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang fisuf mengatakan sejarah berbeda dengan puisi 

Nomor soal                           : 5. Filsuf yang mengatakan bahwa sejarah berbeda dengan puisi dan filsafat adalah ....
a. Aristoteles         b. Arismales          c. Fransiskus         d. Aristorasles       e. Ariskomanles
Kunci jawaban                    : A


Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang sejarah bergantung dari pengalaman 
Nomor soal                           : 6. Sejarah sangat bergantung dari pengalaman . Oleh karena itu sejarah termasuk ilmu.....
a. Praktis               b. Empiris              c. Tepat guna       d.Terapan             e. Esakta
Kunci jawaban                    :  B

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang Bapak historiografi 
Nomor soal                           : 7. Bapak historiografi modern adalah....
a. Leopold Von Ranking    b. Leopold Von Ranke      c. Leopold Von Ransiking   
 d. Lionardo      e. Leopold leowaking
Kunci jawaban                    : B

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang sejarah sebagai kisah  
nomor soal                            : 8. Sejarah sebagai kisah merupakan narasi yang di susun berdasarkan....
a. Memori dan pesan          b. Memori dan kesan          c. Memori dan sumbernya                              
d. Memori dan dokumen   e. Memori dan sejarahnya
Kunci jawaban                    : B

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang kisah sesuatu yang telah berlaku  
Nomor soal                           : 9. Kisah sesuatu yang telah berlaku adalah definisi sejarah menurut.....
   a. Husinaga       b. Huizinga           c. Huzianaga        d. Husain               e. Hutainga
Kunci jawaban                    : B

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang kisah sesuatu yang terjadinya  
Nomor soal                           : 10. Sejarah sebagai peristiwa sebagaimana terjadinya disebut....
a. Histoire realistis               b. Histoire realite  c. Histograf realistis            d. Histograf   e. Histoire
Kunci jawban                       : B

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang generalisasi  
Nomor soal                           : 11. Pengertian dari  generalisasi adalah ....
a. Penyimpulan dari yang khusus kepada  yang lebih  penting 
b. Penyimpulan yang lebih umum kepada yang lebih khusus  
c. Penyimpulan dari yang khusus kepada yang lebih umum 
d. Penyimpulan dari yang umum kepada yang lebih akurat 
e. Penyimpulan dari yang lebih konkrit kepada yang lebih tepat guna
Kunci jawaban                    : C

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang generalisasi  
Nomor soal                           : 12. Dua tujuan generalisasi adalah ....
   a. Santifikasi dan simpel b. Saintifikasi dan rehabilitasi           c. Saintifikasi dan simplifikasi 
   d. Simplikasi dan sanitasi                e. Saintifikasi dan komunikasi
Kunci jawaban                    : C

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               :  Siswa mampu menjawab tentang catatan tentang tahun terjadinya rentetan peristiwa 
Nomor soal                           :  13. Catatan tentang tahun terjadinya suatu rentetan  peristiwa disebut.....
  a. Sejarah            b. Foklore              c. Kronik                 d. dokumen         e. agenda
Kunci jawaban                    : C

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang catatan tentang ukuran dalam menyusun peristiwa secara kronologis 
Nomor soal                           : 14. Ukuran dalam menyusun peristiwa secara kronologis adalah....
                a. Agenda              b. Catatan             c. Waktu                d. Zaman              e. Massa
Kunci jawaban                    : C

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang catatan tentang urutan peristiwa   yang disusun berdasarkan waktu
Nomor soal                           : 15. Urutan peristiwa yang disusun berdasarkan waktu terjadinya  disebut.....
   a. Waktu            b. Catatan             c. Kronologi          d. Urutan sejarah e. alur sejarah
Kunci jawaban                    : C

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                               : Siswa mampu menjawab tentang catatan tentang Masyarakat prasejarah
Nomor soal                           : 16.  Masyarakat prasejarah selalu mengaitkan pengalaman masa lalunya dengan.....
 a. Zaman             b. Peralatan          c. Ilmu pengetahuan           d. Alam                  e. Peradaban
Kunci jawaban                  : D

Kopentensi  yang di uji    :  Mendiskripsikan tradisi sejarah masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
Indikator                           : Siswa mampu menjawab tentang catatan tentang nama kesaksian lisan yang disampaikan secara verbal
Nomor soal                       : 17. Nama kesaksian lisan yang disampaikan secara verbal dari satu generasi ke generasi lainnya di sebut....
a. Tradisi tulisan  b. Tradisi budaya  c. Tradisi adat istiadat     d. Tradisi lisan     e. Tradisi Daerah
Kunci jawaban                : D

Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi sejarah masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara Indikator.                        : Siswa mampu menjawab tentang nama kebiasaan yang sudah mentradisi dalam masyarakat
Nomor soal                           : 18. Nama  kebiasaan yang sudah mentradisi dalam masyarakat yang berfungsi untuk mewarisi nilai nilai  generasi sebelumnya disebut....
  a. Kebudayaan  b, Kebiasaan        c, Kepribadian      d. Adat istiadat    e. Tradisi
Kunci jawaban                    : D

Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi sejarah  masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara Indikator.                        : Siswa mampu menjawab tentang dua demensi kisah dan cerita dalam tradisi lesan
Nomor soal                           : 19. Dua demensi kisah dan cerita dalam tradisi lisan adalah....
a. Demensi  b. Religius        c. Demensi religanius          d. Demensi dan religius       e. Religius Demensi
Kunci jawaban               : D
Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi sejarah masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara Indikator.                        : Siswa mampu menjawab tentang rumusan kalimat yang disampaikan secara lesan

Nomor soal                           : 20. Rumusan kalimat yang disampaikan secara lesan dan berulang –ulang dengan tujuan untuk di jadikan pegangan oleh generasi berikutnya disebut....
 a. Contoh             b. Nasehat             c. Petunjuk            d Petuah                                e. Saran
Kunci jawaban                    : D

Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi sejarah masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara Indikator.                        : Siswa mampu menjawab tentang peran sejarah sebagai pendidikan politik
Nomor soal                           : 21. Peran sejarah sebagai pendidikan politik ditujukan dalam bentuk.....
  a. Pengkaderan oleh partai sosial   b. Pengkaderan oleh Masyarakat    c. Pengkaderan oleh lembaga  masyarakat.         d. Pengkaderan oleh tokoh partai politik        e. Pengkaderan oleh partai politik
Kunci jawaban                    : E

Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi sejarah  masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara Indikator.                        : Siswa mampu menjawab tentang guna sejarah sebagai profesi
Nomor soal                           : 22. Salah satu guna sejarah sebagai profesi adalah....
  a. Tokoh Masyarakat      b. Tokoh Partai politik        c. Guru sosiologi   d.  Masyarakat    e. Guru Sejarah
Kunci jawaban                    : E
Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa sejarah aksara Indikator.                        : Siswa mampu menjawab tentang hubungan sebab akibat dalam sejarah
Nomor soal                           : 23. Hubungan sebab akibat dalam sejarah membuat seseorang yang mempelajari sejarah sebagai guna....
  a. Monoisme      b. Monopoli          c. Monogami          d. Monolisme .   e. Monokausal
Kunci jawaban                    :  E
Kopentensi yang di uji   : Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
Indikator.                      : siswa mampu menjawab tentang pendidikan moral, penalaran politik dan kebijakan
Nomor soal                           : 24. Membrikan pendidikan moral , penalaran , politik dan kebijakan merupakan kegunaan sejarah sebagai guna....
a. Eksternal           b. Intern                 c. Wajib                 d. Ilmu pengetahuan          e. Ekstrinsik
Kunci jawaban                    : E

Kopentensi yang di uji   : Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
Indikator.                      : siswa mampu menjawab tentang sejarah sebagai ilmu sebagai cara mengetahui masa lalu
Nomor soal                           : 25. Sejarah sebagai ilmu, sebagai cara mengetahui masa lalu sebagai pernyataan pendapat dan sebagai profesi merupakan kegunaan sejarah sebagai guna.....
a. Eksternal           b. Ilmu pengetahuan          c. Pedoman           d. langkah penelitian          e. Intrinsik
Kunci jawaban                    : E

Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi sejarah masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara Indikator.                        : Siswa mampu menjawab tentang pemujaan yang di lakukan olehmasyarakat prasejarah
Nomor soal                           : 26. Pemujaan yang dilakukan oleh Masyarakat prasejarah di tujukan untuk....
a. roh nenek moyang          b. benda yang mempunyai gaib       c. Alam semesta  d. Jen      e. pohon
Kunci jawaban                    : A
Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi sejarah  masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara Indikator.                        : Siswa mampu menjawab tentang sebelum tahun 2500 sm masyarakat prasejarah
Nomor soal                           : 27. Sebelum tahun 2500 SM  masyarakat prasejarah aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat prasejarah adalah....
a. Berburu             b. Berburu dan pengumpulkan makanan     c. Berdiam dan bercocok tanam     
d. Bertani              e. Berkumpul dan bergotong royong
Kunci jawaban                    : B

Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi sejarah  masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara
Indikator.                         : Siswa mampu menjawab tentang  pemimpin keagaman dan petani muncul dalam prasejarah
Nomor soal                           : 28. Golongan pemimpin keagaman dan petani muncul dalam masyarakat prasejarah pada masa.....
a. Masa bercocok tanam   b. Masa berburu    c. Masa perundagian d.Masa perunggu  e. Masa modern
Kunci jawaban                    : C

Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi sejarah  masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara Indikator.                        : Siswa mampu menjawab tentang pola hias utama seni ukir yang diterapkan pada benda benda
Nomor soal                        : 29. Pola hias utama seni  ukir yang diterapkan pada benda-benda megalitikum dan seni hias pada benda-benda perunggu adalah
a. Pola pengetahuan           b. Pola kerajinan c. Pola budaya    d. Pola geometris     e. Pola simetris
Kunci jawaban                    : D

Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi sejarah  masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara
Indikator.                      : Siswa mampu menjawab tentang tehnik pembuatan gerabah dari perunggu
Nomor soal                           30. Tehnik pembuatan gerabah dari perunggu di kenall dengan istilah tehnik .....
  a.  Cire perdue       b. Bivallve          c. Ketrampilan     d. Keahlian           e. a cire perdue dan bivallve
Kunci jawaban                    : E


Kopentensi yang di uji    : Mendiskripsikan tradisi sejarah  masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara
Indikator.                        : Siswa mampu menjawab tentang aspek material dan verbal dari suatu kebudayaan
Nomor soal                             : 31. Istilah umum yang digunakan untuk aspek material dan verbal dari suatu kebudayaan yang di transmisikan secara oral melalui pengamatan dan peniruan adalah....
a. Folklore             b. Metologi            c. legenda              d.Nyanyian  rakyat             e. Upacara
Kunci jawaban                    : A

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
 Indikator                          : Mampu Menjelaskan cerita rakyat tentang peristiwa yang dianggap benar benar terjadi
Nomor soal                         :  32. Nama cerita rakyat tentang sebuah peristiwa yang dianggap benar-benar terjadi dan di anggap suci dan para tokohnya adalah para dewa atau makluk setengah dewa adalah...
     a. Legenda       b. Mite                   c. Takayul             d. Cerita rakyat                    e. Dongeng
Kunci jawaban                    :  B

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                          : Mampu Menjelaskan cerita rakyat tentang peristiwa dan dianggap benar-benar terjadi
Nomor soal                           : 33. Cerita rakyat yang bersifat sekuler tentang suatu peristiwa dan dianggap benar–benar terjadi disebut.....
 a. Cerita rakyat   b. Dongeng            c. Legenda    d. Mitos          e. Sejarah
Kunci jawban                       : C

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                          : Mampu Menjelaskan Foklore yang terdiri dari teks dan lagu yang beredar secara lisan
Nomor soal                           : 34. Foklore  yang terdiri dari teks dan lagu yang beredar secara lisan diantara anggota kolektif tertentu berbentuk tradisional dan mempunyai banyak varian disebut ,...
a. Legenda    b. Cerita rakyat   c. Sejarah       d. Nyanyian rakyat             e. Dongeng
Kunci jawaban                    : D

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                          : Mampu Menjelaskan Fakta historis di balik upacara Grebeg Maulud
Nomor soal                           : 35. Fakta historis di balik upacara Grebeg Maulud adalah .....
  a.  Proses budaya b. Proses adat istiadat      c. Kebiasaan         d. Memuji leluhur nenek moyang    
  e. Proses islamisasi
Kunci jawaban                    :  E
Kopentensi  yang di uji      :  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
Indikator                          : Mampu Menjelaskan batu atau logam yang memuat putusan resmi
Nomor                                   : 36. Nama batu atau logam yang memuat putusan resmi yang rumusanya mengikuti kaidah-kaidah   tertentu dan berisi anugrah serta hak yang dikaruniai dengan beberapa upacara disebut....
   a.    Prasasti           b. Dinasti            c. Dokumen          d. Data                   e. Tulisan sejarah
Kunci jawaban                    :  A

Kopentensi  yang di uji      :  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
Indikator                          : Mampu Menjelaskan Prasasti yang di temukan di indonesia pada zaman Indonesia kuno
Nomor soal                           : 37. Prasasti yang di temukan di indonesia pada zaman Indonesia kuno berjumlah....
  a. 200 buah prasasti         b. 300 buah prasasti           c. 100 buah prqasasti        
  d. 150 buah prasasti          e. 350 buah prasasti
Kunci jawaban                    : B

Kopentensi  yang di uji      :  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
Indikator                          : Mampu Menjelaskan Bahasa yang digunakan pada prasasti tertua yang ditemukan di Indonesia
Nomor soal                           : 38.Bahasa yang digunakan pada prasasti tertua yang ditemukan di Indonesia adalah.....
  a. bahasa jawa kuno   b. Bahasa Daerah  c. Bahasa sansekerta    d. Bahasa Indonesia   e. Bahasa arab
Nomor soal                           : 39. Agama yang dianut oleh kerajaan sriwijaya menurut prasasti tertua sriwiyaya adalah....
  a. Agama islam     b. Agama kristen              c. Agama hindu   d. Agama budha      e. Agama hindu budha
Kunci jawaban                    : D

Kopentensi  yang di uji      :  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
 Indikator                         : Menjelaskan kerajaan yang dijelaskan  prasasti kebon kopi prasasti pasir awi
Nomor soal                         : 40. Keajaan yang dijelaskan dalam prasasti kebon kopi prasasti pasir awi dan prasasti muara cianteun ...
  a. Kerajaan majapait       b. Kerajaan erlangga          c. Kerajaan demak            
  d. Kerajaan pajajaran      e. Kerajaan Tarumanegara
Kunci jawaban                    : E

Kopentensi  yang di uji      :  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
 Indikator                         : Menjelaskan Tiga fase perkembangan historiografi di indonesia
Nomor soal                           : 41. Tiga fase perkembangan historiografi di indonesia adalah .....
   a. Fase hisoriografi tradisional, historiografi kolonial, historiografi nasional       
  b. Fase historiografi, prasejarah, sejarah, c. Perunggu, perundagian, sejarah d. Fase historiografi   tradisional e. Historiografii  hindu budha , historiografi kolonial
Kunci jawaban                    : A
Kopentensi yang di uji      : Mendiskripsikan tradisi sejarah  masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara
Indikator.                        : Siswa mampu menjawab tentang zaman hindu budha penulisan sejarah
Nomor soal                             : 42. Pada zaman hindu budha penulisan sejarah bersifat....
    a. Istana sentris                 b. Lokal                                c. Sederhana         d. Diatas batu batu             e.  `Modern
Kunci jawaban                    : A

Kopentensi  yang di uji      :  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
 Indikator                         : Menjelaskan Model pendekatan Nederlando –sentris digantikan dengan pendekatan Indonesia
Nomor soal                           : 43. Model pendekatan Nederlando sentris digantikan dengan pendekatan Indonesia  sentris pada gelombang...
 a. Gelombang pemanfataan            b. Gelombang dekolonisasi               c. Gelombang reformasi sejarah  
 d.Gelombang pemanfaatan dan dekolonisasi     e. jawaban a, b, c, d, dan e salah.
Kunci jawaban                    : B

Kopentensi  yang di uji      :  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
 Indikator                         : Menjelaskan Pelurusan terhadap hal hal yang kontroversial dalam sejarah yang ditulis semasa soeharto

Nomor soal                           : 44. Pelurusan terhadap hal hal yang kontroversial dalam sejarah yang ditulis semasa soeharto berkuasa  terjadi pada gelombang...
a. Gelombang pemanfataan             b. Gelombang reformasi sejarah      c. Gelombang dekolonisas
d. Gelombang  dekolonisasi dan reformasi sejarah      e. jawaban a, b, c, d, dan e salah
Kunci jawaban                    : B

Kopentensi  yang di uji      :  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
 Indikator                         : Menjelaskan tokoh yang menggunakan tahap perkembangan historiografi indonesia
Nomor soal                           : 45. Tokoh yang mengemukakan tahap perkembangan historiografi indonesia adalah....
  a. Chistische b. hoesein    c. Asvi Warman Adam        d. Bustanussalatin   e. Sartono Kartodirdjo

A.       Kisi-kisi soal Issey
Kopentensi  yang di uji      :  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
 Indikator                         : Menjelaskan artinya mempelajarai sejarah ?
Nomor soal                           : 1. Jelaskan artinya mempelajarai sejarah ?
Kunci jawaban                   :  Mempelajari sejarah berarti belajar memahami masa lalu, masa kini, dan masa depan . belajar sejarah juga berarti merasakan dan menghayati semangat zaman yang terkandung dalam setiap peristiwa  sejarah di masa lalu . dengan mempelajari sejarah akan mampu memahami, menilai dan mengambil keputusan secara lebih cermat dan bijaksana

Kopentensi  yang di uji      :  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
 Indikator                         : Menjelaskan kegunaan sejarah secara Intrinsik ?
Nomor soal                           :  2. Jelaskan kegunaan sejarah secara Intrinsik ?
Kunci jawaban                   :  Kegunaan sejarah secara Intrinsik adalah sejarah berguna sebagai ilmu , sebagai cara mengetahui masa lampau sebagai pernyataan pendapat , profesi,  ilmu, sejarah adalah ilmu yang terbuka dan berkembang baik dari sudut teori maupun metodenya.

Kopentensi yang di uji     : Mendiskripsikan tradisi sejarah  masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara
Indikator.                        : Siswa mampu menjelaskan guna sejarah sebagai ekstrinsik
Nomor soal                            :  3.    Jelaskan guna sejarah sebagai ekstrinsik ?
Kunci jawaban                     :  Guna Sejarah sebagai ekstrinik adalah sejarah dapat memberikan sumbangan bagi berbagai aspek pendidikan di luar kepentingan keilmuan sejarah. sejarah mempunyai fungsi pendidikan moral , penalaran , politik, kebijakan, perubahaa, masa depan keindahaan dan ilmu bantu.

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                          :  Mampu Menjelaskan secara umum  arti penting ilmu sejarah dalam kehidupan masyarakat ?
Nomor soal                           :  4.    Jelaskan secara umum  arti penting ilmu sejarah dalam kehidupan masyarakat ?
Kunci jawaban                   :  adalah sebagai tiang pegangan untuk melangkah ke masa depan .

Kopentensi  yang di uji      :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
Indikator                          : Mampu Menjelaskan Peran sejarah sebagai pendidikan penalaran dapat dilihat melalui apa
Nomor soal                           :  5.     Peran sejarah sebagai pendidikan penalaran dapat dilihat melalui apa ?
Kunci jawaban                    :  Melalui hubungan sebab akibat yang di kandung dalam setiap peristiwa sejarah